Cara Membuat Proposal Usaha

cara membuat proposal usaha

Untuk memulai suatu usaha baik kecil bahkan besar pasti membutuhkan modal yang cukup besar agar jenis usaha yang akan dijalankan berjalan sesuai dengan rencana. Dengan adanya modal, dorongan untuk mendorong usaha lebih berkembang akan lebih mudah.

Untuk mendapatkan modal yang mudah tanpa berbelit-belit bisa membuat suatu proposal yang nanti ditujukan untuk para investor dengan tujuan menjalin kerjasama. Perlu mempersiapkan proposal usaha yang baik dan benar serta memberikan daya tarik para investor.

Berikut ini cara membuat proposal usaha dengan memperhatikan unsur-unsur di dalam proposal, diantaranya:

  1. Pendahuluan

Pendahuluan merupakan tahap awal bisa juga disebut dengan tahap perkenalan dengan menjelaskan tentang latar belakang usaha, gambaran, visi, misi dan keadaan pasar yang berkaitan dengan usaha yang akan dijalankan. Berikan ulasan yang jelas, padat, singkat dan mudah dipahami.

  1. Profil badan usaha

Profil ini berisi tentang usaha yang nanti akan dijalankan secara jelas dan singkat. Bisa diurai seperti berikut ini:

  • Jenis usaha

Jenis usaha apayang diinginkan dan dijalankan. Berikan uraian singkat, bisa juga dibentuk list serta berikan penjelasan singkat tentang model usahanya.

  • Nama usaha

Nama adalah brended yang nanti akan menjalin kerjasama dengan investor. Tentukan nama usaha yang sesuai dengan keinginan namun memiliki filosofi yang baik.

  • Lokasi

Jelaskan tempat atau lokasi tempat usaha yang dijalankan nantinya. Tulis secara rinci mulai dari lokasi perusahaan, denah atau peta lokasi. Lokasi ini sangat mempengaruhi lebih mudah mendapatkan investor. Sebaiknya pilih lokasi yang strategis dan cocok dengan usaha yang akan dilaksanakan.

  1. Struktur pengurus usaha

Setiap perusahaan pasti memiliki struktur kepengurusan usaha. Jelaskan secara rinci dan jelas tentang struktural kepengurusan dengan dibagi beberapa koordinator yang menjalankan perusahaan. Jangan sampai meletakkan dua nama dalam struktur. Hal ini akan mempengaruhi ditolaknya proposal yang diajukan kepada investor.

  1. Produk usaha

Produk usaha terbagi atas:

  • Jenis produk

Sebutkan jenis produk yang akan ditawarkan sekaligus dijual nantinya. Berikan spesifikasi yang jelas dan rinci untuk meyakinkan investor.

  • Proses pembuatan produk

Jelaskan tentang tahapan dan langkah dalam membuat produk secara rinci.

  • Keunggulan produk

Jelaskan keunggulan, keunikan, nilai plus dan kehebatan produk yang dibuat dan ditawarkan.

  1. Target pasar

Jelaskan siapa dan bagaimana target pasar yang akan dikelola dan digunakan. Pilih dan pilah satu per satu target pasar dan jelaskan mulai dari umur dan kalangan pasar yang dirancang.

  1. Pemasaran dan promosi

Jelaskan tentang sistem dan strategi pemasaran yang diterapkan dan dilaksanakan. Jangan lupa konsep promosi yang efektif untuk menawarkan produk usaha.

  1. Sistem keuangan

Keuangan terbagi atas:

  • Alokasi dana

Jelaskan mengenai rancangan dana dan sistem pengeluaran yang dilakukan untuk membuka dan menjalankan usaha.

  • Perhitungan laba

Buat kolom perhitungan yang logis tentang keuangan, untung, rugi, resiko dan lain-lain yang berkaitan dengan perhitungan laba.

  • Perhitungan bagi hasil

Jelaskan rasio bagi hasil yang ditawarkan dan diberikan nantinya. Bagi hasil ditentukan tergantung resiko usaha yang dijalankan. Sebaiknya dibutuhkan musyawarah untuk penentuan bagi haisl antara pemilik usaha dan kalangan investor.

  1. Penutup

Berikan kata terakhir yang menarik perhatian dan meyakinkan investor untuk bergabung dengan usaha yang akan dijalankan. Berikan harapan dan ucapan terima kaish atas waktu luangnya.

Itulah cara buat proposal usaha yang bisa dijadikan referensi bagi siapa saja yang ingin mengajukan proposal kepada para investor. Jangan lupa berikan lampiran-lampiran jika diperlukan.

Share this post