Tahapan dan Contoh Studi Kelayakan Bisnis

Contoh Studi Kelayakan Bisnis

Bagi masyarakat yang belum mengetahui betul tentang studi kelayakan bisnis perlu banyak menggali informasi agar setiap bisnis yang dijalankan memberikan hasil yang maksimal.

Studi kelayakan bisnis adalah upaya dan sistem penelitian tentang layak atau tidak sistem kerja yang dilakukan dengan konsep yang baik dan benar untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal mulai dari memanfaatkan sumber daya, aspek finansial, tenaga kerja dan menghemat angka devisa serta kelayakan peluang usaha.

Tujuan utama melakuakn studi kelayakan bisnis untuk mendapatkan data kelayakan pekerjaan dan mampu untuk menghasilkan bisnis yang efektif. Studi kelayakan bisnis sangat berkaitan dengan berbagai macam bidang. Mulai dari bidang sosial, ekonomi, hukum, manajemen, teknologi, teknis dan lain-lain.

Jika bidang yang ada bisa dipenuhi dengan baik maka akan memberikan satu kepercayaan kepada beragam pihak yang bergelut pada bisnis dan mendukung untuk keberhasilan konsep usaha yang sedang dilakukan.

Diantara proses, tahapan dan contoh studi kelayakan bisnis ada berbagai macam pihak yang sangat terikat dengan studi tersebut, antara lain adalah:

  1. Para investor dan pelaku bisnis

Pihak investor dan pelaku bisnis sangat berkaitan dengan studi kelayakan bisnis. Mereka berkepentingan tentang jaminan untuk pemasukan profit yang menguntungkan lewat usaha kelayakan bisnis yang sedang dilakukan.

Selain itu, mereka juga memiliki sistem bagaimana modal bisa kembali dan mendapatkan suatu keuntungan yang menjanjikan dari usaha yang sedang dilakukan.

  1. Redaktur

Redaktur atau yang biasa disebut dengan pihak pemberi kredit juag mempunyai suatu kepentingan untuk mengupayakan studi kelayakan usaha. Tugas utamanya adalah menjamin kelancaran dan sistem keamanan untuk mengambilkan modal yang sedang dilaksanakan bagi para pihak pelaku bisnis dengan sistem kredit. Kepercayaan inilah yang menumbuhkan pengaruh adanya studi kelayakan usaha yang dilakukan.

  1. Pemerintah

Konsep kelayakan bisnis juga dibutuhkan bagi pemerintah untuk usaha yang sedang dilakukan. Kepentingan yang sangat berkaitan dengan pihak pemerintah adalah bermunculan perusahaan baru dan penghematan devisa serta peningkatakan pendapatan dari kalangan masyarakat yang baik dan efektif.

  1. Masyarakat

Pihak masyarakat sangat berkaitan atas studi kelayakan bisnis yang ada di suatu usaha yang ada. Kepentingan masyarakat dalam hal ini pada bidang ekonomi dan kehadirannya bisnis yang ada dapat meningkatkan kondisi ekonomi bagi seluruh masyarakat yang terlibat.

Selain itu, kepentingan terhadap lingkungan juga sangat berkaitan tentang layak atau tidak, aman atau tidak terhadap bisnis yang sedang dilakukan di lingkungan masyarakat tersebut.

Lingkungan sangat rentan terhadap ada tidaknya dampak yang timbul dan sering menjadi sebuah permasalahan di dalam masyarakat yang akan membawa ancaman eksistensi bisnis yang sedang dijalankan.

Pihak perusahaan pasti terus memperhatikan hal seperti ini karena dukungan masyarakat dan lingkungan sangat berpengaruh tentang bertahannya bisnis dan mudah serta cepat untuk mengembangkan perusahaan.

Jika tidak, maka nanti akan ada konflik sehingga perusahaan dirusak oleh kalangan masyarakat yang ada di sekitar. Jika studi kelayakan bisnis dilakukan dengan baik dan benar serta membuahkan hasil, maka nanti akan memberikan dampak baik terhadap banyak aspek.

Salah satu aspek yang paling penting adalah konsep finansial dari semua pihak. Selain itu, bermanfaat untuk kondisi sosial dan perekonomian yang ada di lingkungan masyarakat sekitar terhadap studi kelayakan bisnis.

Itulah tahapan dan bisa menjadi contoh studi kelayakan bisnis yang bisa dijadikan referensi untuk dikembangkan. Perlu atau tidak studi tersebut tergantung modal investasi yang ada di suatu perusahaan.

Namun untuk bisnis kecil dengan modal yang kecil pula, upaya untuk studi kelayakan tidak jarang diterapkan bahkan tidak diperlukan. Selain itu, bnayak pihak yang ada juga sangat mempengaruhi tentang perlu atau tidak adanya studi kelayakan bisnis yang sedang dijalankan.

Share this post