Mengetahui Contoh Usaha Ibu Rumah Tangga Yang Inovatif

Bagi ibu rumah tangga membuka usaha sendiri merupakan slaah satu upaya terbaik untuk pemasukan pendapatan untuk keluarga dan menambah penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari. Tanpa harus menggantungkan gaji suami.

Sedangkan gajinya bisa ditabung untuk kebutuhan yang lebih penting. Saat ini banyak jenis usaha yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga. Hal yang harus dipersiapkan adalah modal dan kemauan yang kuat dan memotivasi diri untuk menjalankan usaha dan bisa dilaksanakan dengan lancar dan sesuai dnegan harapan yang diinginkan.

Jenis usaha yang baik untuk mereka adalah pekerja yang tidak mengganggu aktifitas dan pastikan usaha sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki. Simak beberapa contoh usaha ibu rumah tangga yang inovatif berikut ini untuk dijadikan rekomendasi, antara lain:

  1. Usaha tanaman

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki pekarangan rumah yang luas dan ideal tidak salah untuk membuka usaha satu ini. Bisa dijadikan untuk pekarangan tanaman hias, tanaman obat dan lainnya. Pekarangan tidak sia-sia dan bisa menghasilkan keuntungan serta memberikan keindahan dalam pekarangan itu sendiri.

  1. Usaha katering

Usaha satu ini memberikan keuntungan yang menjanjikan namun harus menguasai keterampilan dan keahlian dalam memasak. Biasanya usaha katering dilengkapi dengan makanan pokok.

Agar terlihat lebih lengkap dan bervariasi bisa membuka pesanan untuk makanan yang lain yang lebih ringan seperti kue, makanan ringan dan lainnya. Agar bisa terorganisir dengan baik pekerjakan keluarga atau suadara untuk mengembangkan usaha ini.

  1. Penulis freelance

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan menulis yang baik tidak salah untuk menjalankan usaha penulis freelance dengan membuat artikel yang disesuaikan dengan bidang yang dikuasai, didukung banyaknya perusahaan yang membutuhkan penulis untuk mengisi website atau blognya. Keuntungannya besar jika dijalani dengan fokus dan tekun.

  1. Usaha parcel

Beragam parcel bisa dibuat bagi ibu rumah tangga. Usaha ini banyak orderan ketika menjelang hari raya atau ada suatu pesanan pernikahan dan ulang tahun. Untuk menjalaninya diperlukan kreatifitas yang kuat dan tinggi untuk menciptakan yang unik dan menarik serta laris di pasaran.

  1. Usaha reseller

Usaha ini hanya memerlukan modal yang minim, namun harus menggunakan sistem dan strategi promosi yang ampuh dan jitu untukmendapatkan keuntungan. Usaha ini banyak ditawarkan oleh pihak toko atau perusahaan yang menjual barangnya.

Harga jual yang murah dan resiko yang kecil, bisa menjadi modal utama untuk menggeluti usaha reseller tanpa meninggalkan waktu sebagai ibu rumah tangga.

  1. Usaha menjahit

Bagi yang memiliki keterampilan menjahit bisa membuka usaha menjahit di rumah yang bisa dilakukan ketika ada waktu luang, jenis usaha ini bisa menjadi pekerjaan utama jika menghasilkan jahitan yang terbaik dan memuaskan bagi konsumen yang menggunakan jasanya.

  1. Usaha kerajinan tangan

Untuk memulai usaha ini dibutuhkan ide yang kreatif dan inovatif. Modal awal disesuaikan dengan jenis kerajinan tangan yang akan dibuat. Jenisnya sangat beragam dan banyak. Misalnya kerajinan tangan dari barang bekas, dari bambu, dari daun pisang. Keuntungan yang didapat sangat besar jika jenis kerajinan tangan memiliki nilai seni yang tinggi dan banyak peminatnya.

Dari beberapa contoh usaha ibu rumah tangga yang inovatif di atas bisa dijadikan ide usaha yang bisa dijalankan dengan proses dan sistem yang disesuaikan dengan modal, kemauan dan kemampuan yag dimiliki. Untuk itu, segera dijalankan bagi ibu rumah tangga yang ingin memiliki uang sendiri dan memenuhi kebutuhan keluarga dengan uang yang lebih banyak dan tidak menggantungkan gaji dari suami.

Share this post